A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Milestone Jangka Menengah Inovasi Layanan Peut Sagoe Timang

Milestone Jangka Menengah Inovasi Layanan Peut Sagoe Timang

Selasa, 27 Maret 2018 07:14:22 admin bpm

Sebagai tindak lanjut kesinambungan inovasi layanan Peut Sagoe Timang, pada tahun 2018 ini DPMG Aceh Barat mengadakan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Gampong menggunakan Aplikasi Siskeudes bagi 12 orang unsur kecamatan dan 321 orang bendahara gampong yang terbagi menjadi 6 (enam) Angkatan selama 6 (enam) hari.

 cover

Dukungan Pemerintah Kabupaten kepada DPMG Aceh Barat diwujudkan dalam bentuk ketersediaan anggaran yang cukup memadai dan kesempatan bagi DPMG Aceh Barat untuk memasukkan materi tentang Pemanfaatan Layanan Peut Sagoe Timang ke dalam bagian dari materi pelatihan tersebut.

 

Materi tentang Peut Sagoe Timang disampaikan pada sesi kedua pelatihan oleh Kasi Penguatan dan Fasilitasi Keuangan Mukim dan Gampong. Penyampaian materi ini bertujuan untuk mensosialisasikan layanan Peut Sagoe Timang, menawarkan kemudahan dan manfaat yang dapat diterima oleh kecamatan dan gampong jika ingin menggunakan layanan ini, serta memberikan bimbingan teknis kepada peserta pelatihan tentang aktivasi email Peut Sagoe Timang pada Microsoft Outlook.

 kems

Seiring berjalannya waktu, layanan Peut Sagoe Timang mengalami sedikit penyesuaian demi mendukung kemudahan dan percepatan layanan. Penyesuaian tersebut terletak pada konten file Rancangan APBG yang dikirim oleh gampong kepada admin DPMG melalui email berbasis Outlook. Jika pada tahun lalu, ujicoba dilakukan dengan menggunakan file Rancangan APBG berbentuk pdf, maka tahun ini gampong diarahkan untuk mengirim file Database Siskeudes (Database RAB) berbentuk database microsoft access. Hal ini akan lebih memudahkan gampong, sehingga tidak diperlukan lagi konversi dari aplikasi Siskeudes ke dokumen pdf yang cukup memakan waktu.

 

Hasil dari pelatihan cukup memuaskan. Respon dari peserta pelatihan sebagian besar tertarik ingin memanfaatkan Layanan Peut Sagoe Timang agar tidak perlu datang dan pergi berulang kali ke DPMG Aceh Barat hanya untuk mengajukan Rancangan APBG yang akan dievaluasi. DPMG Aceh Barat juga berkomitmen akan mempublikasi email dan password bagi seluruh gampong melalui situs resmi DPMG Aceh Barat ini. Dengan demikian, bagi gampong  yang ingin melakukan aktivasi email pada Outlook dapat menggunakan akun email dan password yang telah disediakan, sesuai dengan cara aktivasi yang telah dipraktekkan pada saat pelatihan beberapa waktu yang lalu.

 

Dukungan bagi Layanan Peut Sagoe Timang juga mengalir dari KOMPAK Aceh. Darman selaku perwakilan KOMPAK pada hari Selasa, 20 Maret 2018 telah menyerahkan sejumlah buku-buku referensi tentang Desa untuk dapat dipajang pada Layanan Ruang Tamu Gampong. KOMPAK juga memberikan dukungan melalui ide dan saran yang konstruktif, terutama dalam rangka mensinergikan layanan Peut Sagoe Timang dengan Klinik Gampong binaan KOMPAK yang telah tersedia di Kecamatan Arongan Lambalek.

Semoga dukungan ini dapat terus mengalir untuk kemajuan DPMG Aceh Barat dan kemajuan gampong.

ser

dis