A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Kunjungan JSM KOMPAK ke PEUT SAGOE TIMANG

Kunjungan JSM KOMPAK ke PEUT SAGOE TIMANG

Minggu, 15 April 2018 11:58:06 admin bpm

DPMG Aceh Barat menerima sebuah kunjungan yang membanggakan. Pada hari Rabu, 4 April 2018 bertempat di kantor DPMG Aceh Barat, beberapa unsur dari perwakilan kementerian, Pemerintah Aceh, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dan Pemerintah Kabupaten Bireuen melakukan lawatan penting.

 ibu

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kepala DPMG Aceh Barat, Bapak Teuku Fadli, SE di aula DPMG Aceh Barat. Pertemuan yang dilaksanakan kurang lebih 1 jam merupakan rangkaian dari kegiatan Joint Supervision Mission (JSM) program kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dengan KOMPAK yang melibatkan kementerian terkait lainnya.

jsm 

aud

Beberapa unsur yang hadir pada saat kunjungan di DPMG Aceh Barat adalah:

  • Unsur dari Kemenko PMK Republik Indonesia
  • Unsur dari Bappenas Republik Indonesia
  • Unsur dari Kemendari Republik Indonesia
  • Unsur dari Kemendesa PDTT Republik Indonesia
  • Unsur dari Kemenkeu Republik Indonesia
  • Unsur dari Perwakilan Pemerintah Australia di Indonesia
  • Unsur dari Bappeda, Dinas Kominfo dan Sandi, BPSDM, DPMG dari Pemprov Aceh
  • Unsur dari DPMG Kabupaten Bireuen dan perwakilan gampongnya
  • Unsur dari DPMG Kabupaten Bener Meriah dan perwakilan gampongnya
  • Unsur dari KOMPAK Pusat, Provinsi dan Aceh Barat
  • Unsur-unsur lainnya yang terkait dengan KOMPAK

 

Adapun kunjungan ke DPMG Aceh Barat dilakukan dalam rangka melihat langsung produk inovasi Layanan Peut Sagoe Timang yang telah dibentuk pada tahun 2017 yang lalu. Inovasi Layanan Peut Sagoe Timang merupakan inovasi layanan yang saat ini berfokus untuk membantu percepatan evaluasi rancangan Anggaran Gampong dan pembinaan keuangan gampong melalui empat layanan strategis.

 kep

Salah satu layanan yang sangat sinergis dengan layanan yang telah dikembangkan oleh KOMPAK pada tahun 2017 yang lalu adalah Layanan Ruang Tamu Gampong. Layanan ini berfungsi untuk menerima kunjungan konsultasi dari gampong dan memberikan ruang seluas-luasnya untuk saling berdiskusi, bertukar pikiran dan strategi, serta mencari solusi terhadap berbagi persoalan seputar pengelolaan keuangan gampong.

 

Layanan Ruang Tamu Gampong ini ternyata secara tidak langsung bersinergi dengan Klinik Gampong yang telah dibentuk oleh KOMPAK di Kecamatan Arongan Lambalek. Bahkan, ruang lingkup Klinik Gampong sangat luas sehingga tidak terikat pada persoalan keuangan gampong semata. Ruang Tamu Gampong dan Klinik Gampong secara parsial telah menjadi cikal bakal wadah Pembinaan Teknis Pemerintah Gampong serta cikal bakal wadah Pembelajaran Mandiri Aparatur Gampong.

 

 rtg

Usai Kepala DPMG Aceh Barat memberikan kata sambutan dan harapan-harapannya, beliau memberikan kesempatan presentasi kepada Saudara Kemal Pasya selaku Kasi Penguatan dan Fasilitasi Keuangan Mukim dan Gampong sekaligus project leader pembentukan layanan Peut Sagoe Timang di DPMG Aceh Barat melalui proyek perubahan Diklat Pim IV pada tahun 2017 yang lalu. Saudara Kemal Pasya pada presentasinya menyampaikan capaian-capaian yang telah diraih bersama KOMPAK pada tahun 2017 yang lalu, capaian-capaian inovasi Peut Sagoe Timang, serta rencana masa depan yang akan coba diwujudkan oleh DPMG Aceh Barat melalui dukungan kemitraan dari KOMPAK.

 preq

Beberapa poin-poin utama yang disampaikan sebagai rencana kemitraan masa depan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Membentuk PTPD (Pembina Teknis Pemerintah Desa) di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat sebagai tim yang akan membantu Camat untuk mengoptimalkan tugas evaluasi Rancangan APBG. Pada tahun 2017, KOMPAK telah berhasil mendorong Kabupaten Aceh Barat untuk membentuk PTPD di Kecamatan Arongan Lambalek, sehingga keberhasilan ini hendaknya dapat ditularkan ke 11 kecamatan lainnya;
  2. Membentuk Klinik Gampong di seluruh kecamatan sebagai wadah bagi PTPD untuk berkoordinasi dengan lintas sektor kecamatan (Polsek, Koramil, UPTD Puskesmas, UPTD Pendidikan, KUA, BP3, dan lain sebagainya) dan optimalisasi pembinaan terhadap pemerintah gampong. Klinik Gampong juga dapat difungsikan sebagai sarana pembelajaran mandiri aparatur gampong dan singkronisasi rancangan APBG sebelum dikirim kepada DPMG Aceh Barat melalui layanan email Peut Sagoe Timang;
  3. Membentuk sistem dan prosedur secara berjenjang antara Ruang Tamu Gampong dengan Klinik Gampong, sehingga fungsi Ruang Tamu Gampong akan lebih fokus dan mengarah pada penguatan kapasitas bagi PTPD;
  4. Melembagakan pengurus Peut Sagoe Timang yang terdiri dari beberapa unsur OPD di Kabupaten Aceh Barat (Bappeda, Bagian Pemerintahan, BPKD, Inspektorat, Bagian Hukum), Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Aceh Barat, serta Bidang-Bidang teknis pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Aceh Barat;
  5. Memfungsikan Ruang Tamu Gampong sebagai wahana penyusunan modul-modul pelatihan dan tempat berkumpulnya tenaga hali/pelatih tingkat kabupaten, hingga mencapai tahapan kewenangan untuk mensertifikasi pelatih di tingkat kecamatan;
  6. Meningkatkan sarana evaluasi Rancangan APBG dari model pengiriman file Database Siskeudes melalui Email menjadi sebuah sistem yang berbentuk aplikasi berbasis internet dan dapat terintegrasi dengan Program ACEH SIAT di Provinsi Aceh.

imran 

ams

Harapan-harapan tersebut merupakan mimpi besar DPMG Aceh Barat untuk membantu Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mewujudkan pemberdayaan masyarakat dan gampong yang maksimal menuju gampong yang maju dan mandiri, melalui kelanjutan kemitraan dengan KOMPAK dan eksistensi layanan PEUT SAGOE TIMANG.

Usai presentasi, seluruh peserta kunjungan diberikan kesempatan untuk melihat langsung bentuk layanan Peut Sagoe Timang yang terdiri dari empat jenis layanan yaitu: Layanan Evaluasi RAPBG berbasis Email, Layanan Lemari Gampong, Layanan Serambi Gampong dan Layanan Ruang Tamu Gampong.

 cek

 cek1

 rame

 sim