A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Bidang Pembangunan Mukim & Gampong

DPMG Aceh Barat pada hari Senin, 5 Maret 2018 menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Database Sistem Informasi Gampong bagi perwakilan dari unsur kecamatan, pemerintah gampong dan pendamping desa/pendamping lokal desa.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Bidang Pembangunan Mukim dan Gampong dan dibuka secara resmi oleh Kepala DPMG Aceh Barat Teuku Fadli, SE. Adapun peserta pelatihan berjumlah 60 orang yang berasal dari 12 kecamatan terdiri dari PNS kantor camat, 3 orang unsur perwakilan gampong, dan 1 orang pendamping desa atau pendamping lokal desa.

kadispro

Pelatihan tersebut merupakan agenda rutin tahunan DPMG Aceh Barat, dimana pada tahun-tahun sebelumnya bernama Kegiatan Penyusunan dan Pendayagunaan Profil Gampong. Kegiatan pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran bersama terhadap pentingnya untuk mengisi dan memiliki data serta informasi tentang potensi dan tingkat perkembangan gampong.

Berdasarkan data yang direkapitulasi oleh Admin Profil Gampong tingkat kabupaten, sejumlah 276 gampong dari 322 gampong dalam Kabupaten Aceh Barat telah mengisi profil gampong melalui website yang disediakan oleh Kementerian Dalam Negeri, yaitu prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id.

ams

Sementara terdapat 46 gampong lainnya yang belum mengisi data dan informasi ke dalam website tersebut, sejak dimulainya pengisian secara online pada tahun 2013 yang lalu.

Materi pelatihan disampaikan oleh:

  • Kabid PMMG DPMG Aceh Barat
  • Perwakilan DPMG Aceh dari Pemerintah Provinsi Aceh
  • Kasi Penguatan dan Fasilitasi Keuangan Mukim dan Gampong

prov

Melalui pelatihan tersebut, DPMG Aceh Barat berharap agar gampong senantiasa memperbaharui data dan informasi yang telah diisi ke dalam website secara rutin dan berkesinambungan setiap tahunnya. Bagi gampong yang belum melakukan penginputan, diharapkan agar segera mengisi dengan berkoordinasi bersama DPMG Aceh Barat.

Pemerintah gampong juga dapat mengalokasikan sejumlah dana untuk membiayai kegiatan penyusunan dan pendayagunaan profil gampong yang dianggarkan pada APBG masing-masing, baik yang bersumber dari Dana Desa maupun dari sumber dana lainnya.

kem