A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Bidang Pemberdayaan Masy. Mukim & Gampong

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Gampong menggunakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa. Kegiatan ini telah dilaksanakan selama 6 (enam) hari untuk 6 (enam) Angkatan masing-masing pada tanggal 12, 13, 14, 15, 19 dan 20 Maret 2018 yang lalu bertempat di Aula DPMG Aceh Barat.

 sambut

Sejak tahun 2016 hingga 2018 ini, DPMG Aceh Barat telah melaksanakan pelatihan ini sebanyak 3 (tiga) kali dengan komposisi peserta yang berbeda-beda. Pada tahun ini, kegiatan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Gampong menggunakan Aplikasi Siskeudes dilaksanakan bagi unsur kecamatan yang membidangi Siskeudes atau memfasilitasi keuangan gampong serta unsur bendahara gampong, dengan total peserta keseluruhan sebanyak 333 orang.

 reg

Pelatihan ini menitikberatkan pada penggunaan Aplikasi Siskeudes versi R106 yang telah dirilis oleh BPKP Republik Indonesia pada awal tahun 2018. Pada versi kali ini, BPKP selaku penanggungjawab aplikasi yang telah bekerja sama dengan Kemendagri telah memperbaiki error yang sering terjadi pada aplikasi dan menambahkan menu terbaru yaitu Output Dana Desa. Menu inilah yang nantinya akan digunakan oleh gampong untuk membuat Laporan Konsolidasi Dana Desa sesuai Peraturan Menteri Keuangan No. 225 Tahun 2017. Melalui menu terbaru tersebut, gampong tidak perlu lagi untuk membuat laporan dengan cara manual karena telah otomatis diproses oleh aplikasi.

 wakil

Kepala DPMG Aceh Barat, Bapak Teuku Fadli, SE pada hari Senin, 12 Maret 2018 memberikan arahan dan membuka secara resmi kegiatan pelatihan tersebut. Pada arahannya, Kepala DPMG Aceh Barat menekankan kepada peserta pelatihan untuk memanfaatkan aplikasi Siskeudes semaksimal mungkin demi mendukung kelancaran penyaluran, penggunaan, pelaporan dan pertanggungjawaban Dana Desa maupun sumber dana transfer lainnya. Kepala DPMG Aceh Barat juga berharap agar kecamatan dan gampong saling bersinergi dalam hal koordinasi dan konsultasi, sehingga informasi terbaru yang berkembang secara resmi dapat segera disebarluaskan.

 mirza

Pelatihan ini terbagi menjadi 2 (dua) bagian materi. Narasumber pada materi Pertama adalah Mirza Fajar selaku Kasubbid Sistem Penganggaran pada BPKD Aceh Barat dibantu pula oleh Herman selaku Staf pada Bidang Perbendaharaan pada BPKD Aceh Barat. Materi pertama tersebut mengulang kaji sekilas tentang tahapan penganggaran gampong, kemudian mengulas secara mendalam fitur-fitur  yang terdapat pada Menu Penatausahaan dalam aplikasi Siskeudes. Para peserta juga diberikan modul atau buku kerja untuk membantu pada saat praktek penggunaan aplikasi Siskeudes tersebut.

herman

Narasumber pada materi kedua adalah Kemal Pasya selaku Kasi Penguatan dan Fasilitasi Keuangan Gampong pada DPMG Aceh Barat. Materi kedua merupakan tindak lanjut dari materi pertama, namun lebih menitikberatkan pada tata cara pemanfaatan Layanan Peut Sagoe Timang yang merupakan inovasi DPMG Aceh Barat pada tahun 2017 yang lalu, untuk membantu percepatan evaluasi Rancangan APBG dan pembinaan keuangan gampong.

 kemal

Pada awal dan akhir pelatihan, peserta diwajibkan untuk menjawab atau menyelesaikan soal-soal Pre Test dan Post Tes. Soal-soal tersebut merupakan pertanyaan-pertanyaan dasar terkait mekanisme pengelolaan keuangan gampong berdasarkan Permendagri No. 113 Tahun 2014 dan Perbup Aceh Barat No. 6 Tahun 2015. Pada akhir pelatihan, narasumber kedua bersama dengan peserta membahas satu per satu jawaban dari soal-soal tersebut, sehingga tercapainya transfer ilmu dan wawasan bagi para peserta tentang mekanisme ideal sesuai ketentuan.

 test

periksa

Selama pelatihan berlangsung, para peserta diberikan konsumsi, modul pelatihan, training kit, dan uang transport. Para peserta juga mendapatkan 2 (dua) brosur tentang materi pelatihan, yaitu Brosur Siskeudes dan Brosur Peut Sagoe Timang. Bagi setiap unsur kecamatan, DPMG Aceh Barat juga telah melakukan serah terima Banner berupa Infografis tentang Pedoman Perencanaan Pembangunan dan Pengelolaan Keuangan Gampong yang nantinya dapat dipajang di kantor camat masing-masing.

 st

Pelatihan ini ditutup secara resmi oleh Bapak Amsal, SE selaku Kabid PMMG yang mewakili Kepala DPMG Aceh Barat pada hari Selasa, 20 Maret 2018. Pada arahan penutupan, Kabid PMMG berharap agar seluruh gampong dapat segera mempersiapkan rancangan APBG menggunakan Siskeudes untuk segera dievaluasi oleh kecamatan dan kabupaten, serta dapat segera mengajukan permohonan penyaluran Dana Desa Tahap I Tahun sebesar 20% yang telah tersedia di RKUD.

gab