A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Bidang Pemberdayaan Masy. Mukim & Gampong

DPMG Aceh Barat menyelenggarakan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Gampong bagi 321 orang Direktur Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) se-Kabupaten Aceh Barat Tahun 2019. Pelatihan ini berlangsung selama 6 (enam) hari kerja untuk 6 (enam) Angkatan mulai tanggal 22 April hingga 30 April 2019, bertempat di Aula DPMG Aceh Barat.

Kepada DPMG Aceh Barat Jufri, SH pada laporannya menyampaikan rekapitulasi perkembangan pelaksanaan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Dana Desa pada tahun 2018 yang telah dilaksanakan oleh BUMG. Sebanyak 288 dari 321 BUMG di Aceh Barat telah menyalurkan pinjaman modal usaha dengan total sebesar Rp. 43,2 miliar kepada 7.368 orang penerima manfaat dari berbagai jenis usaha.

“Demi mendukung agar perguliran modal usaha pemberdayaan ekonomi terus berjalan dan diakses oleh masyarakat lainnya pada tahun-tahun berikutnya, serta demi berkembangnya unit-unit usaha lain sesuai dengan kebutuhan dan sumber daya di gampong, maka DPMG Aceh Barat terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas pelaksana operasional BUMG melalui kegiatan pelatihan,” demikian penjelasan Kepala DPMG Aceh Barat pada acara pembukaan kegiatan pelatihan hari Senin, 22 April 2019.

juf

Para peserta pelatihan akan mendapatkan materi dari pelatih dan narasumber yang berkompeten di bidangnya yakni, Kemal Pasya selaku Kabid Pemberdayaan Masyarakat DPMG Aceh Barat dengan materi Manajemen Pengembangan Usaha BUMG, Intan Muliani selaku Kepala Dinas Perdagangan Aceh Barat dengan materi Etika Bisnis BUMG, dan Zullfikar selaku Tenaga Ahli P3MD Aceh Barat dengan materi Analisa Kelayakan Usaha BUMG.

Menariknya, pelatihan ini diselenggarakan dengan cara-cara kreatif dan inovatif, dimana panitia pelaksana kegiatan dari Bidang Pemberdayaan Masyarakat yang dipimpin oleh Hendri Marlianda selaku Kasi Pengembangan Usaha Lembaga Ekonomi Gampong serta turut dibantu oleh bidang-bidang lainnya menyediakan seminar kit pelatihan kepada peserta berupa tas kerajinan eceng gondok yang diproduksi oleh Kelompok Eceng Gondok Arongan Lambalek, di bawah pimpinan Mursalin dan kawan-kawan dari Gampong Kubu, Cot Juru Mudi dan Peulanteu Lambalek.

Sajian makanan ringan untuk tamu undangan dan peserta pun terlihat apik karena berasal dari kue tradisional khas Aceh yang diproduksi oleh industri rumah tangga di Gampong Langung Kecamatan Meureubo, salah satu gampong yang meraih prestasi Juara Harapan 2 pada Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun 2014 di Jakarta.

m1

Atas ide kreatif dan inovasi ini, Mirsal S.Sos, MSP selaku Asisten Pemerintahan Sekdakab Aceh Barat yang mewakili Bupati Aceh Barat turut bangga, terharu, senang, dan memberi apresiasi kepada DPMG Aceh Barat karena telah menjadi contoh salah satu organisasi perangkat daerah yang menggalakkan penggunaan produk lokal khas Aceh Barat, demi untuk memberdayakan ekonomi masyarakat gampong.

m2

“Kami merasa bangga dan senang, bahwa apa yang sering kami diskusikan bersama DPMG Aceh Barat dan impian kita bersama, dapat terwujud melalui kegiatan pelatihan ini. Hal positif ini harus terus dilanjutkan dan dikembangkan oleh instansi lainnya, sehingga produk lokal yang dibuat dari kerja keras putra-putri terbaik Aceh Barat dapat berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas,” tutur Asisten Pemerintahan saat menyampaikan Sambutan Bupati Aceh Barat sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelatihan tersebut dan turut menyerahkan tas kerajinan eceng gondok secara simbolis kepada perwakilan peserta.

ft

Asisten Pemerintahan juga berharap agar kegiatan pemberdayaan ekonomi dapat terus berjalan selama masa pemerintahan Bapak Bupati Ramli MS, agar cita-cita peningkatan perekonomian masyarakat dapat tercapai nantinya. Beliau juga menyampaikan harapannya kepada DPMG Aceh Barat agar tidak bosan-bosan memberikan motivasi dan pembelajaran kepada pemerintah gampong dan BUMG, demi berkembangnya usaha-usaha baru sesuai potensi lokal di gampong masing-masing.

Pelatihan diisi melalui metode curah pendapat, identifikasi potensi lokal gampong, dan penyusunan analisa kelayakan usaha. Antusiasme peserta mengikuti pelatihan juga terlihat manakala peserta memanfaatkan photo booth dalam bentuk Instagram di teras kantor DPMG Aceh Barat untuk sekedar berfoto dan mengabadikan momen berharganya.

wa

wa1