A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Evaluasi RAPBG berbasis Email-Outlook

Prosedur Layanan Evaluasi RAPBG melalui Email dan Outlook

Jumat, 22 September 2017 15:00:00 bpmkab

Layanan pertama adalah Layanan Evaluasi Rancangan APBG melalui Email dan Microsoft Outlook. Layanan ini difungsikan oleh administrator, fasilitator dan user di kantor masing-masing menggunakan personal komputer atau laptop yang telah terhubungan dengan internet. Administrator adalah petugas evaluasi di DPMG Aceh Barat. Fasilitator adalah unsur kecamatan yang memfasilitasi dan memverifikasi kelengkapan dokumen RAPBG di tingkat kecamatan. Sedangkan user adalah perangkat gampong yang diberi tugas untuk melakukan pengiriman dan penyempurnaan RAPBG apabila tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Melalui layanan ini, masing-masing pihak bertanggungjawab pada satu akun email dan satu aplikasi Microsoft Outlook. Layanan ini bertujuan untuk memudahkan komunikasi dan pengiriman file Rancangan APBG dari gampong untuk dievaluasi oleh DPMG Aceh Barat, sehingga gampong tidak perlu datang dan pergi berkali-kali ke kabupaten. Layanan ini dapat menghemat biaya operasional pemerintah gampong baik biaya ATK, fotocopy atau perjalanan dinas sehingga lebih efisien dan dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya. Layanan ini juga mampu mempermudah dan mempercepat proses penyelesaian RAPBG karena memanfaatkan teknologi informasi melalui internet yang tersedia di gampong, kecamatan dan kabupaten.

Layanan Evaluasi Rancangan APBG dilaksanakan dengan melakukan pengiriman file melalui email khusus yang digunakan pada aplikasi Microsoft Outlook. Email tersebut dimiliki oleh gampong sebagai user, kecamatan sebagai fasilitator dan DPMG Aceh Barat sebagai administrator dengan nama hosting domain @peutsagoetimang.com. Nama-nama email user, fasilitator dan administrator ditentukan oleh DPMG Aceh Barat dan terdapat pada SOP Peut Sagoe Timang.

Pelaksanaan Layanan Evaluasi Rancangan APBG melalui email dan Microsoft Outlook ini dilaksanakan secara secara bertahap. Tahapan-tahapan tersebut terdiri dari:

  1. Tahap Persiapan RAPBG oleh gampong;
  2. Tahap Verifikasi RAPBG oleh Kecamatan;
  3. Tahap Pengiriman file RAPBG;
  4. Tahap Evaluasi RAPBG oleh Administrator.

Alur prosedur layanan ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

SOP Layanan Pertama